UKM yang memiliki harta di luar negeri berhak mendapat tarif khusus, meski tidak melakukan repatriasi

Pengusaha memiliki omset 4,8 Milyar dan mempunyai harta di luar negeri. Dia hanya mendeklarasikan hartanya, tanpa repatriasi. Tarif mana yang dikenakan atas harta yang akan menjadi objek Amnesti Pajak?

Jawaban:

Tarif tebusan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berlaku untuk usaha yang penghasilannya tidak lebih dari Rp 4,8 miliar per tahun berhak mendapatkan tarif khusus. Syaratnya penghasilan tersebut hanya bersumber dari penghasilan atas kegiatan usaha dan tidak menerima penghasilan dari pekerjaan dalam hubungan kerja dan/ atau pekerjaan bebas.

Ada dua jenis tarif tebusan bagi UMKM yang dibagi atas total hartanya. Jika total harta yang diungkapkan wajib pajak, pada SPT 2015 dan harta tambahan mencapai Rp 10 miliar, tarifnya 0,5 persen hingga akhir periode tax amnesty. Sementara jika hartanya lebih dari Rp 10 miliar, tarifnya 2 persen. Tarif tersebut berlaku bagi seluruh harta yang diungkapkan, baik yang berada di luar negeri, maupun di dalam negeri.

Penjelasan ini diolah dari berbagai sumber, yaitu: peraturan-peraturan terkait amnesti pajak, pengamat pajak, wawancara narasumber, dan situs pajak.go.id.