Eddi Sofwan :
Karyawan Swasta
Atas harta yang dilaporkan dalam Surat Pernyataan Harta tersebut tidak perlu dokumen pendukung

Apakah semua harta yang diungkap dalam surat pernyataan tax amnesty harus disertai dokumen pendukung, seperti dokumen kepemilikan dan lain-lain?

Jawaban:

Amnesti Pajak sifatnya self assessment, yang memberikan wewenang kepada wajib pajak (WP) untuk menghitung, melaporkan, dan membayar sendiri pajak terhutang yang seharusnya dibayar. Dengan begitu, harta yang akan dilaporkan dalam Surat Pernyataan Harta (SPH) diserahkan kepada WP.

Atas harta yang dilaporkan dalam Surat Pernyataan Harta tersebut tidak perlu dokumen pendukung. Kecuali wajib pajak tidak memiliki bukti kepemilikan harta tersebut atau masih atas nama pihak lain, perlu melampirkan Surat Pengakuan Kepemilikan Harta atau Surat Pengakuan Nemonee.

Surat Pengakuan Kepemilikan Harta adalah surat pengakuan bahwa Wajib Pajak yang memiliki harta yang diatasnamakan nama orang lain. Sedangkan Surat Pengakuan Nominee adalah surat pengakuan dari pihak yang diatasnamakan dalam harta berupa saham, tanah, dan/atau bangunan yang tercantum dalam Surat Pengakuan Kepemilikan Harta.

Penjelasan ini diolah dari berbagai sumber, yaitu: peraturan-peraturan terkait amnesti pajak, pengamat pajak, wawancara narasumber, dan situs pajak.go.id.