Deddy Sunarya :
Wiraswasta
UKM tidak punya penghasilan lain dari kegiatan usahanya, masih bisa mendapat tarif 0,5 persen dan 2 persen

Saya punya usaha yang omsetnya tidak lebih dari Rp 4,8 miliar per tahun. Selain usaha ini, saya juga mendapat penghasilan lain dari saham dan bunga deposito, tapi jika dijumlahkan pun nilainya tidak lebih dari Rp 4,8 miliar. Jika ikut tax amnesty, apakah saya masih bisa mendapat tarif khusus UKM 0,5 persen?

 

Jawab:

Jika ikut tax amnesty Pak Deddy masih bisa mendapat tarif wajib pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tarifnya sebesar 0,5 untuk harta yang diungkap kurang dari Rp 10 miliar dan 2 persen untuk harta yang diungkapkan lebih dari Rp 10 miliar.

Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 118 Tahun 2016. Dalam pasal 11 ayat 1 disebutkan ketentuan UMKM yang berhak mendapatkan tarif khusus ini adalah memiliki peredaran usaha yang hanya bersumber dari penghasilan atas kegiatan usaha dan tidak menerima penghasilan dari pekerjaan dalam hubungan kerja atau pekerjaan bebas.

Penghasilan dalam aturan tersebut adalah penghasilan dari kegiatan usaha. Sementara saham dan deposito bukan merupakan usaha. Jadi tidak termasuk dalam ketentuan ini.

Penjelasan ini diolah dari berbagai sumber, yaitu: peraturan-peraturan terkait amnesti pajak, pengamat pajak, wawancara narasumber, dan situs pajak.go.id.